Selasa, 30 November 2010

Sukses Tanpa Stress

Apakah mungkin mendapat sukses tanpa kerja keras setengah mati??
tentu saja orang-orang akan menjawab, mana mungkin!!
yaah, itu memang benar, mana mungkin bisa sukses kalau tanpa usaha. Saya hanya ingin mengulas pendapat dari sebuah buku yang isinya mengemukakan bahwa dengan banyak beristirahat dan santai justru dalam jangka panjang dapat membuat hasil yang jauh lebih baik.Tapi tentu saja dalam keadan tetap bekerja. Katanya si penulis buku nih, saat kita tengah dalam kondisi santai atau istirahat, sebetulnya alam bawah sadar kita terus bergerak. Sehingga pada saat tenang itulah biasanya kita mendapatkan ide terbaik.
Saya sering merasakannya. dan saya yakin banyak orang juga pernah merasakan hal yang sama. maksud saya, lebih mudah meneukan ide saat keadaan sedang rileks.
 Sang penulis buku menambahkan, kalau kita terus menerus bekerja, kita akan terlalu disibukkan dengan berbagai rutinitas dan melewatkan berbagai kesempatan besar. Karena itu kita perlu rileks dalam bekerja. Pikiran yang rileks akan membantu mengembangkan fokus kita, dan membuat santai untuk melihat situasi di sekitar kita.Bagi saya, pendapat ini ada benarnya. Jika anda bekerja sedemikian keras tanpa cukup istirahat, mungkin saja anda bisa melakukan banyak hal. Tapi bisa jadi banyak pekerjaan yang anda lakukan tidak maksimal. Sebaliknya kalau anda bekerja dalam jam kerja yang lebih sedikit, anda bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan yang menurut anda sangat penting. Dengan jam kerja kerja yang lebih sedikit pasti anda akan benar-benar memaksimalkan waktu yang ada. Tapi coba kalau jam kerja anda berlimpah, mungkin saja anda malah banyak membuang waktu.
Saya setuju dengan pendapat si penulis dan Bos Joko bahwa mengurangi jam kerja bisa meningkatkan produktivitas. Beberapa hari ini sudah saya coba dan hasilnya mengagumkan. Saya tak perlu lagi kelelahan dan stres untuk mencapai sukses-sukses berikutnya. Dengan pengalaman ini juga membuat saya percaya kalau bekerja dalam jam kerja yang panjang tak menjamin produktivitas yang lebih baik. Justru dengan bekerja dalam jam kerja lebih pendek, saya dapat memaksimalkan pekerjaan. Tapi tentu saja, dengan banyak beristirahat, kita terus menggali ide. jadi tak betul-betul pasif.

Dalam buku ini juga dijelaskan perlunya rancangan kesuksesan. Begini cara menyusunnya:
  1. Tulis gambaran ideal andaMisal lima tahun lagi seperti apa kondisi yang anda inginkan.
  2. Tuliskan tujuan anda. Tujuan ini berasal dari gambaran ideal yang anda bayangkan tadi.
  3. Tuliskan tujuan anda itu dalam kalimat positif, personal, dan dengan menggunakan keterangan waktu saat ini. 
  4. Berdamai dengan keraguan dan ketakutan. Anda tinggal melangkah untuk menuju tujuan hidup anda. Tak perlu memperdulikan rasa ragu-ragu. 
  5. Tulis langkah-langkah nyata untuk mencapai tujuan anda. 
  6. Tentukan apa langkah pertama yang harus anda perbuat. Mulailah dari sana untuk menuai sukses.
Hal terpenting yang saya dapat dari buku ini adalah pentingnya menyisihkan waktu untuk melihat “gambaran besar yang diidamkan”. Bila kita selalu disibukkan dengan jam kerja yang panjang, mungkin kita tak akan pernah sempat memikirkannya.
Karena itu penting untuk meluangkan waktu untuk memikirkan cita-cita kita di masa mendatang. Membentuk cita-cita dan menyusun rencana untuk menggapainya.

pertanyaan untuk diri anda sendiri, INGIN SEPERTI APA ANDA 5 TAHUN LAGI?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar